a. Deskripsi

Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan


Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian,  akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya

SEJARAH SMK NEGRI 2 YOGYAKARTA


MK Negeri 2 Yogyakarta beralamat di jalan A.M. Sangaji 47 Yogyakarta, lebih dikenal dengan nama STM Jetis (STM 1 Yogyakarta). SMK Negeri 2 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah menengah tertua di Yogyakarta maupun di Indonesia dan cukup punya nama  di dunia industri maupun pemerintahan.  Banyak lulusannya tersebar di seantero Indonesia, yang mampu memimpin  di bidang industri maupun pemerintahan.

Gedungnya anggun dan berwibawa, dibangun pada tahun 1919  sebagai gedung sekolah PJS (Prince Juliana School). Gedung ini oleh Dinas Purbakala ditentukan sebagai cagar budaya. Karena kebutuhan ruang dan dan fasilitas pendidikan, maka dilakukan penambahan dan renovasi pada tahun 1929, 1950 dan 1954. Luas bangunan 16.000 m2 di atas tanah 5,5 Ha. Selain bangunan untuk ruang teori, banyak tersedia fasilitas lainnya antara lain ruang praktek (bengkel atau laboratorium), tempat ibadah, aula, lapangan sepak bola, lapangan tenis, dan lapangan olah raga lainnya.

Pada masa penjajahan Belanda maupun penjajahan Jepang sudah ada Sekolah Teknik yang berlokasi di kompleks Jetis ini. Ijazah pertama Sekolah Teknik Menengah di Jogjakarta (dalan bahasa Indonesia) dikeluarkan tahun 1951. Tahun-tahun sebelumnya ijazah dalam bahasa Belanda atau Jepang. Jurusan yang ada pada waktu itu adalah Teknik Civil, Teknik Listrik dan Teknik Mesin.

Perkembangan berikutnya, untuk memudahkan penanganan,  pada tahun 1952 Sekolah teknik Menengah di Jogjakarta dipecah menjadi STM  Negeri I (Jurusan Bangunan dan Kimia), STM Negeri II (Jurusan Listrik dan Mesin).

Karena kebutuhan tenaga teknik menengah yang trampil semakin banyak  dan bervariasi, maka didirikan beberapa STM dengan jurusan baru. Dengan berdirinya sekolah-sekolah baru, maka pada dekade 70-an, gedung STM Jetis ditempati oleh beberapa sekolah, antara lain STM  Negeri I (Jurusan Bangunan dan Kimia), STM Negeri II (Jurusan Listrik dan Mesin), STM Chusus Instruktur (jurusan Bangunan, Listrik, Diesel dan Mesin), STM Geologi Pertambangan, STM Metalurgi dan STM Pertanian.

Pada tahun 1975, melalui Keputusan Mendikbud No. 019/O/1975, semua STM di kompleks Jetis digabung menjadi satu dengan nama STM Yogyakarta I.

Dengan keputusan Mendikbud no. 090/O/1979 tertanggal 26 Mei 1979, terhitung mulai 11 April 1980 nama sekolah diubah menjadi STM I Yogyakarta.

Melalui keputusan Mendikbud nomor 036/O/1997 TANGGAL 7 Maret 1997, nama STM I Yogyakarta diubah menjadi SMK Negeri 2 Yogyakarta

%d blogger menyukai ini: